Home Warta Arena

Alasan Fisik, Legenda Bulutangkis Lin Dan Pensiun

45
Pemain Bulutangkis asal China, Lin Dan gantung raket. Dia mengumumkan pensiun karena alasan fisik dan usia. (F: Reuters)

Barakata.id – Legenda Bulutangkis Lin Dan memutuskan pensiun. Alasan usia dan fisik menjadi salah satu faktor untuk mundur dari dunia Bulutangkis. Sebelumnya dia sempat berambisi untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

“Kemampuan fisik saya tidak mampu lagi menandingi para pemain muda saat ini,” ucap Lin Dan seperti dikutip dari Kantor Berita Xinhua, Sabtu (4/7/20).

Lewat media sosial Weibo, Lin Dan mengatakan merasa berat hati mengumumkan pensiunnya. Namun rasa sakit tak mengizinkannya untuk terus bertarung bersama-sama rekan setimnya. Setelah berkarir selama dua dekade, kini dia harus merasa cukup.

“Sejak 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit sebetulnya mengumumkan hal ini,” tulis Lin Dan.

Baca Juga:
Goh Liu Ying, Pebulutangkis Malaysia yang Cantiknya Bikin Klepek-Klepek

Dilansir dari berbagai sumber, Lin Dan memulai kariernya di usia 16 tahun. Di usia yang sangat muda, dia membantu mengibarkan benderan China di kancah dunia.

Pria kelahiran 14 Oktober 1983 ini telah meyabet dua medali emas, yakni pada 2008 di Beijing dan 2012 di London. Dia juga mengantongi gelar Juara Dunia pada tahun 2006, 2007, 2009, 2011 dan 2013.

Tak hanya itu, pemilik gelar Super Dan ini juga sukses meraih tiga kali medali emas Asian Games, yakni di tahun 2006, 2010 dan 2014. Dia juga empat kali meraih Juara Asia yakni di tahun 2010, 2011, 2014 dan 2015.

Baca Juga:
Aya Ohori, Si Cantik yang Pilih Tepok Bulu daripada Model

Sementara itu di kategori beregu, Lin Dan meraih enam piala Thomas bersama Timnas Bulutangkis China. Termasuk juga mengalahkan Indonesia di final pada 2010. Di Piala Sudirman, Lin Dan berhasil menjadi juara sebanyak lima kali.

Gelar legenda yang disandangnya, sesuai dengan pendapatannya. Dilansir dari Sportseon Lin Dan masuk daftar pebulutangkis dengan bayaran tertinggi. Di tahun 2019, bayaran Lin Dan sebesar Rp140 miliar. Dia menduduki posisi pebulutangkis dengan bayaran tertinggi kedua di dunia setelah Lee Chong Wei dari Malaysia.

Bayarannya yang tinggi membuat Lin Dan masuk dalam daftar atlet bulutangkis terkaya di dunia. Dilansir dari The Richest, dia menduduki posisi kedua atlet bulutangkis terkaya. Total kekayaannya sebesar Rp 525 miliar per 2019 lalu.

Di kehidupan pribadinya, Lin Dan menikah dengan mantan atlet badminton China, Xie Xingfang.

****
Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin