Home Kepulauan Riau

94 Kapal Siap Layani Mudik Natal dan Tahun Baru

51
Para penumpang kapal di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam menyatakan, ada 94 kapal yang sudah disiapkan untuk menghadapi musim mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Puluhan kapal itu bakal membawa penumpang dari Batam ke berbagai daerah tujuan dan sebaliknya.

Kasi Lalulintas KSOP Batam, Hazmi mengatakan, setiap kapal yang akan berlayar melayani penumpang sudah dilengkapi navigasi lengkap. Hal itu menjadi perhatian serius mengingat saat ini kondisi cuaca terutama di wilayah perairan Kepulauan Riau (Kepri) sedang ekstrem.

“Saat ini sudah masuk musim Utara, angin kencang dan gelombang laut cukup tinggi. Kita selalu utamakan keselamatan penumpang dan operator kapal,” katanya dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Bank Indonesia (BI) Kepri, Batam, pekan lalu.

Baca Juga : Pemudik Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Pesan Tiket Pelni

“Kemungkinan cuaca akan normal kembali setelah bulan Februari,” sambung Hazmi.

Untuk angkutan kapal Pelni, Hazmi memastikan bahwa Pelabuhan Pelni saat ini masih menggunakan Pelabuhan Batuampar.

“Memang sebelumnya ada arahan dari Pak Menteri Perhubungan agar pelabuhan Pelni dipindah ke Sekupang. Tapi tidak sekarang, saat ini di sana (Sekupang) sedang masa persiapan terminalnya,” kata dia.

Kemungkinan, lanjut Hazmi, pemindahan Pelabuhan Pelni dari Batuampar ke Sekupang akan diumumkan sebelum 18 Desember mendatang.

“Kalau informasinya, sekarang ini masih proses pendalaman. Pendalaman kapal ini kurang lebih 8 hingga 10 meter lagi. Kalau penumpang sudah beli tiket tinggal dialihkan saja,” katanya.

Baca Juga : 9.000 Orang Mudik Lewat Bandara Hang Nadim Tiap Hari

Terminal pelabuhan juga sedang dalam renovasi, termasuk penambahan kursi, AC dan lainnya. Renovasi dilakukan karena pelabuhan Pelni di Sekupang sudah cukup lama tidak dioperasikan.

“Kalau yang lama kan sudah tidak representatif, makanya harus direnovasi. Semua untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat calon penumpang,” ujarnya.

Hazmi menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait kesiapan angkutan kapal ini. Untuk persiapan Natal, pantauan akan dilakukan pada 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 mendatang.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin