Home Kepulauan Riau 8 Pelabuhan di Kepri Sudah Boleh Dibuka untuk Wisman

8 Pelabuhan di Kepri Sudah Boleh Dibuka untuk Wisman

Rapat Koordinasi Pembukaan Pintu Masuk Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Gedung Graha Kepri, Batam, Selasa (22/3/2022). F: Diskominfo Kepri

Barakata.id, Kepulauan Riau-Pemerintah Pusat telah membuka sejumlah pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri. Saat ini ada delapan pelabuhan internasional yang diperbolehkan untuk menerima wisman.

Delapan pelabuhan itu adalah Pelabuhan Nongsa Terminal Bahari, Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Internasional Sekupang dan Pelabuhan Citra Tri Tunas.

Kemudian Pelabuhan Marina Teluk Senimba. Juga Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Pelabuhan Bandar Seri Udana Lobam, dan Pelabuhan Internasional Sribintan Pura, Tanjungpinang.

Baca Juga:

Pihaknya sedang meminta ke pemerintah pusat untuk menambah pelabuhan lain yang ada di Kepri sebagai pintu masuk wisman.

“Terutama di Karimun dan Anambas,” kata Ansar, dalam Rapat Koordinasi Pembukaan Pintu Masuk Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Gedung Graha Kepri, Batam, Selasa (22/3/2022) dikutip dari laman Pemrov Kepri.

Oleh karena itu, Ansar meminta pengelola pelabuhan untuk menyiapkan fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para wisman.

Beberapa fasilitas itu di antaranya mulai dari tempat lokasi tes PCR, petugas yang menerima pembayaran VoA (Visa on Arrival), tempat isolasi dan daftar rumah sakit rujukan jika ada tindakan medis

Ansar mengatakan instansi terkait seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pelindo, Imigrasi, Bea Cukai bisa membantu dan memfasilitasi para pengelola pelabuhan menyiapkan fasilitas kedatangan wisman tersebut.

Baca Juga:

“Segera siapkan, saat mereka (wisman) masuk semuanya sudah siap,” ujarnya.

Ansar mengaku melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia, ia juga melobi kuota kunjungan wisman Singapura. Sebab sampai saat ini, Pemerintah Singapura masih membatasi jumlah kunjungan sebanyak 700 orang perpekannya, dengan rincian 350 di Batam dan 350 di Bintan.

“Kami akan gesa vaksinasi dosis ketiga dan menurunkan angka kasus Covid-19. Sehingga membuka mata Singapura dan mencabut pembatasan kuota kunjungan wisatawan ke Kepri,” ungkapnya. (asrul)

IKLAN BP BINTAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin