Home Nusantara Asahan

725 Peserta Ramaikan MTQ Asahan ke-52

Barakata.id, Asahan – Bupati Surya resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Asahan ke-52 di Gedung Tahfidz Mesjid Agung H. Ahmad Bakrie, Kisaran, Sumatera Utara.

” saya sangat gembira melihat antusias masyarakat pada saat pelaksanaan MTQ baik di tingkat Desa/Kelurahan maupun tingkat Kecamatan yang telah mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan, ” ujar Surya saat menyampaikan sambutannya, Senin (15/2/2021).

Surya meyakini, seluruh masyarakat dapat merasakan bahwa MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan dan hal itu terbukti ketika seluruh kompenen masyarakat secara tulus dan ikhlas ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kualitas peserta Musabaqahpun sebut Surya dari tahun ketahun semakin meningkat baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya namun hal tersebut patut untuk disyukuri.

” Untuk itu saya berharap penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri, ” tukasnya.

Diapun meminta kepada para qari, hafidz, dan para penggiat Al-Qur’an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan yang bukan hanya dari kuantitas tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitas.

Dan diakhir sambutannya, Surya berharap seluruh peserta dapat menampilkan kemampuan terbaiknya sehingga pada akhir pelaksanaan akan didapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik yang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada evant seleksi Tilawatil Qur’an tingkat provinsi.

Sedangkan kepada Dewan Hakim Surya berpesan untuk menyesuaikan penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Panitia, kegiatan MTQ akan berlangsung selama 5 hari (15-19 Februari 2021) dengan diikuti sebanyak 725 peserta dari 25 Kecamatan se-Asahan.

Sedangkan cabang perlombaan yang akan diikuti para peserta yakni, Cabang Tilawah Al Qur’an kategori Dewasa Putra/Putri 49 orang, golongan remaja Putra/Putri 50 orang, golongan anak-anak Putra/Putri 50 orang dan golongan tartil Putra/Putri 50 orang, kegiatan dilaksanakan di mimbar utama.

Selanjutnya cabang hifzil qur’an untuk katagori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, dan golongan 10, 20, 30 juz diruang Sekretaris LASQI dengan katagori golongan 1 juz dan tialawah Putra/Putri 49 orang, golongan 5 juz dan tilawah Putra/Putri 46 orang, golongan 10 juz Putra/Putri 33 orang, golongan 20 juz Putra/Putri 9 orang dan golongan 30 juz Putra/Putri 6 orang.

Dan cabang khattil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori golongan naskah Putra/Putri 43 orang, golongan dekorasi Putra/Putri 38 orang, golongan hiasan mushaf Putra/Putri 44 orang. Untuk cabang fahmil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori cabang fahmil qur’an Putra/Putri 129 orang serta cabang syahril qur’an bertempat di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan Katagori cabang syahril qur’an Putra/Putri 129 orang.

Turut hadir dalam acara pembukaan MTQ tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, masyarakat dan tamu lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin