Home Gaya Tekno 7 Mesin Pencari Terpopuler untuk Android Selain Google

7 Mesin Pencari Terpopuler untuk Android Selain Google

92
Google sudah merilis daftar mesin pencari alternatif untuk pengguna Android. (Sumber foto: searchenginejournal.com

Barakata.id, Batam – Mulai 1 Maret 2020, Google tak lagi menjadi mesin pencari (search engine) utama di ponsel dan tablet Android baru. Sebagai pengganti atau mesin pencari alternatif, Google sudah merilis daftar beberapa search engine.

Daftar alternatif search engine yang diinstall ketika pertama kali ponsel diaktifkan itu memang harus disediakan oleh Google setelah pengadilan menyatakan perusahaan tersebut bersalah, melakukan aksi anti persaingan dalam seach engine di perangkat Android pada Juli 2018.

Atas kesalahannya, pengadilan menghukum Google membayar denda US$5 miliar. Google tidak lagi menjadi mesin pencari utama di Android berlaku di 31 negara yang masuk wilayah Uni Eropa.

Baca Juga :
Mulai Maret, Google Bukan Lagi Mesin Pencari Utama di Android

Mengutip blog Android.com yang dilansir CNBC Indonesia, Senin (13/1/20), dari daftar daftar search engine pilihan pengguna selain Google di 31 negara Uni Eropa, pilihan terbanyak ternyata jatuh ke search engine DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall dan Qwant dan Yandex.

Berikut 7 layanan mesin pencari web alternatif terpopuler selain Google yang bisa digunakan di Android:

1. DuckDockGo

Dilansir dari Business Insider, DuckDuckGo merupakan search engine dengan tagline “Privacy, Simplified”. Search engine ini menghindari hasil pencarian yang dipersonalisasi dan tidak memprofilkan pengguna, untuk melindungi privasi pengguna.

2. Ecosia

Mesin pencari alternatif selain Google.

Ecosia diidentikkan sebagai browser penanaman pohon. Berbeda dengan mesin pencarian lannya, Ecosia memiliki komitmen kalau keuntungan atau uang yang dihasilkan dari pencariannya akan digunakan untuk menjalankan program reboisasi dan memberdayakan masyarakat di seluruh dunia.

Halaman selanjutnya..

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here