Home Gaya Kesehatan 7 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

7 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

162
Himbauan Pemprov Kepri
Jeruk mengandung berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. (F : Earth.com)

6. Kulit jeruk juga bermanfaat

Nutrisi pelindung kesehatan tidak hanya ditemukan dalam jeruk dan jus jeruk, tetapi juga ada di kulitnya. Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam kulit jeruk dapat membantu mencegah reproduksi, pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker, serta mendukung apoptosis, urutan penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel disfungsional.

Satu penelitian Universitas Arizona yang lebih tua menyimpulkan bahwa makan satu sendok teh kulit jeruk per minggu dapat mengurangi risiko kanker kulit sel skuamosa sebesar 30 persen.

Senyawa tertentu yang disebut herperidin, ditemukan dalam kulit jeruk, juga telah terbukti melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Jika mengonsumsi kulit jeruk, pilihlah jeruk organik untuk mengurangi paparan residu pestisida. Gunakan parutan untuk memanaskan kulit luar, menghindari empulur putih yang lebih pahit.

Tambahkan kulit jeruk ke dalam saus salad buatan sendiri, atau sebagai hiasan untuk oatmeal, salad buah, dan roti panggang alpukat untuk sayuran, quinoa, tumis kentang goreng, dan hidangan penutup.

7. Jus jeruk juga memiliki manfaat kesehatan

Sementara jeruk utuh lebih mengenyangkan dan menyediakan lebih banyak serat, jus dapat dihitung sebagai bagian dari asupan buah harian Anda. Penelitian tentang konsumsi jus jeruk menunjukkan manfaat penting.

Satu studi menemukan bahwa asupan jus jeruk yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Penelitian lain menemukan bahwa jus jeruk kaya flavanone dalam jumlah yang umum dikonsumsi dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang dewasa muda yang sehat.

Peras jus Anda sendiri, atau cari jus jeruk 100 persen atau campuran jeruk dan buah-buahan utuh lainnya. Gunakan untuk membuat koktail atau mocktail, atau bekukan dalam baki es batu dan tambahkan air bersama mint atau jahe.

****

Advertisement
1
2
SebelumnyaPekerja Asal Sambas, Hari Ini Kembali ke Kampung Halaman
SelanjutnyaGrab PHK 360 Karyawannya Gara-Gara Pandemi