Home Nusantara 7 Fakta Mensos Juliari Terjerat Suap Bansos Corona

7 Fakta Mensos Juliari Terjerat Suap Bansos Corona

Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

4. KPK Sita Uang Rp14,5 Miliar

Pada kasus dugaan suap ini, KPK mengamankan total uang sejumlah Rp14,5 miliar. Awalnya KPK mendapatkan informasi akan adanya penerimaan sejumlah uang oleh pejabat Kemensos pada Sabtu (5/12/20) sekitar pukul 02.00 WIB.

“Uang sebelumnya telah disiapkan AIM dan HS disalah satu apartemen di Jakarta dan di Bandung, yang disimpan di dalam 7 koper, 3 tas ransel dan amplop kecil yang jumlahnya sekitar Rp14, 5 miliar,” kata Firli.

Firli mengatakan uang tersebut rencananya akan diserahkan kepada MJS, AW dan Mensos JPB yang diwakili oleh SN dan MJS. Firli menyebut pihak KPK kemudian menelusuri terkait pemberian uang tersebut dan mengamankan MJS dan SN serta pihak lainnya di beberapa tempat termasuk sejumlah uang yang dijanjikan.

“Selanjutnya Tim KPK langsung mengamankan MJS, SN dan pihak-pihak lain di beberapa tempat di Jakarta untuk selanjutnya pihak-pihak yang diamankan beserta uang dengan jumlah sekitar Rp14,5 Miliar dibawa ke KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucapnya.

Firli menyebut berdasarkan hasil OTT ini ditemukan mata uang rupiah hingga mata uang asing. Rinciannya Rp11,9 miliar, USD 171.085, dan sekitar SGD 23.000.

“Dari hasil tangkap tangan ini ditemukan uang dengan pecahan mata uang rupiah dan mata uang asing, masing-masing sejumlah sekitar Rp11, 9 Miliar, sekitar USD 171,085 (setara Rp2,420 miliar dan sekitar SGD 23.000 (setara Rp243 juta),” ujarnya.

5. KPK Pamerkan 3 Tersangka

KPK memamerkan sejumlah pihak yang terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait bantuan sosial (bansos) penanganan virus Corona. Ada tiga orang yang dipamerkan KPK terkait OTT bansos Corona ini.

Baca Juga :

Pantuan di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/20), sekitar pukul 01.00 WIB, ada tiga orang yang mengenakan rompi oranye KPK. Mereka nampak dijejerkan dengan menjaga jarak.

KPK memamerkan ketiga orang ini dipimpin oleh Ketua KPK Firli Bahuri yang mengenakan jas warna biru gelap. Nampak pula ada Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

“Ada enam orang kita amankan,” kata Firli Bahuri.

Namun, KPK hanya memamerkan tiga orang yang mengenakan rompi oranye dalam jumpa pers ini. Mereka tampak jalan keluar dari dalam gedung KPK menuju lokasi jumpa pers.

6. Diawasi dari Awal Pandemi

1
2
3
4
SebelumnyaHormati Proses Hukum, Sekjen PDIP: Kader Partai Tiga Kali Sekolah Anti Korupsi
SelanjutnyaGubernur Isdianto Pastikan KM Bahtera Nusantara 01 Layani Midai dan Subi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin