Home Warta Nusantara

65 Peserta Ijtima Ulama Dunia Gowa Positif Covid-19

69
Virus Corona
Foto ilustrasi. Virus Corona

Barakata.id, Batam – Hasil pemeriksaan dengan metode rapid test menunjukkan bahwa 65 orang Jamaah Tablig alumni Ijtima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan reaktif atau positif Covid-19. Ke-65 orang itu diketahui berasal Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Jumlah tersebut diketahui setelah 129 orang diperiksa dengan rapid test di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu. Hingga tersisa 3 orang orang dari 132 orang jamaah tablig yang mengikuti ijtima ulama.

“Dari jumlah 65 orang berstatus reaktif ini berdasarkan hasil pemeriksaan di seluruh Puskesmas seperti di Puskesmas Calabai 15 orang, Puskesmas Kilo 17 orang, Puskesmas Soriutu 8 orang, Puskesmas Dompu Barat 15 orang, Puskesmas Kota 6 orang, Puskesmas Dompu Timur 1 orang dan Puskesmas Rasabou 3 orang,” ungkap Sekretaris Gugus Tugas Covid-19, Jufrin kepada wartawan, Jumat (17/4/20) seperti dilansir dari Detik.com, Sabtu (18/4/20).

Baca Juga :
3 Arahan Jokowi untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

Dari 65 orang pasien reaktif tersebut, 32 orang sedang dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Pratama (RSP) Kecamatan Manggelewa. Sedangkan sisanya akan diisolasi di Rumah Sakit Nangakara, Kecamatan Pekat.

Sebelumnya, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), meninggal dunia. Sebelum meninggal, pasien sempat mengikuti acara Ijtima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa Sulsel.

Pasien laki-laki berumur 81 itu meninggal saat dirawat dan diisolasi di RSUD Dompu Kamis (16/4/20) sekitar pukul 13.30 WITA.

11 jamaah asal Wonosobo juga positif

Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengungkapkan, ada 11 orang peserta Ijtima Dunia di Gowa, Sulsel asal Kabupaten Wonosobo yang positif Covid-19. Kondisi itu diketahui dari hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Laporan yang masuk dari Kabupaten Wonosobo itu ada 11 peserta (Ijtima Dunia di Gowa) yang diperiksa positif (virus Corona) dengan PCR,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo kepada wartawan, Jumat (17/4/20).

Baca Juga :
Pertama, Pasien Positif Covid-19 di Batam Sembuh

Ia juga menyebut terjadi local transmition. Sehingga tercatat ada 4 anggota keluarga dari 11 orang tersebut yang juga positif Corona.

“Lalu dari 11 orang itu kontak dengan keluarganya dan ada 4 anggota keluarga dari eks Gowa itu juga positif,” tegasnya.

Dia meminta orang-orang yang terkait dengan para eks peserta Ijtima Dunia di Gowa untuk melapor kepada pemerintah atau Puskesmas.

“Jadi kalau ada informasi lain, segera laporkan pada kita,” pungkas Yulianto.

*****

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin