Home Kepulauan Riau Batam 52 Peserta Ikuti Mancing Ngarong Teluk Mata Ikan

52 Peserta Ikuti Mancing Ngarong Teluk Mata Ikan

Event Mancing Ngarong Teluk Mata Ikan dikuti oleh 52 peserta, Sabtu (13/11/21). (F: Disbudpar Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Sebanyak 52 orang peserta mengikuti event mancing ngarong di Wisata Teluk Mata Ikan. Sabtu (13/11/21). Lokasi tepatnya ada di Kelurahan Sambau, Nongsa.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata. Dalam sambutannya, Ardi mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini kegiatan perdana, dan merupakan salah satu atraksi yang menarik untuk wisatawan,” ujarnya.

Baca Juga:

Ardi berharap kegiatan tersebut akan dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya. Sehingga akan menjadi daya tarik wisatawan.

Ardi mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Disbudpar Batam akan selalu mendukung kegiaan kepariwisataan. Sebab kegiatan tersebut menawarkan kegiatan yang kental kearifan lokal budaya setempat.

Dukungan itu akan ditunjukkan dengan dimasukannya kegiatan dalam calender of event atau kalender pariwisata. Sehingga kegiatan akan turut dipromosikan.

Namun, ke depanya kegiatan tersebut diharapkan akan dibuat lebih besar lagi. Cara memancingnya pun diminta untuk dibuat lebih unik.

“Misalnya pemancing harus berjalan di laut sampai ke tepi terdalam, dan juga mengundang pemancing dari luar Batam,” pintanya.

Sementara itu, Lurah Sambau, Raja Zulkarnain, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Teluk Mata Ikan sebagai destinasi wisata di Kota Batam. Selain itu juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan berlangsung di tepi laut dengan durasi selama 1,5 jam,” tuturnya.

Peralatan yang disediakan di antaranya pancing bambu atau jorang sepanjang 3 meter dengan tali meter.

Baca Juga:

“Kemudian pumpun atau umpan dan Patolor, atau tempat mengantung ikan dari bahan pelepah kelapa atau rotan” sebutnya.

Kegiatan tersebut dilombakan dengan pemenangnya mendapat uang tunai dan tropi. Pemenang dinilai dari hasil berupa ikan yang paling berat, itulah yang menang.

“Juara 1 mendapat uang senilai Rp1,5 juta, juara 2 senilai Rp1 juta, juara 3 Rp750 ribu, dan juara 4 mendapat Rp500 ribu,” ujarnya. (asrul)

SebelumnyaAKP Herman Kelly Jabat Kabaglog Polresta Barelang
SelanjutnyaMendadak Banyak Pejabat Blusukan, Siap-Siap Pilpres 2024?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin