Home Urban Edukasi

5 Tips dari Elon Musk Agar Jadi Anak Muda Sukses

67
Tips dari Elon Musk
Elon Musk (F: Business Insider)
artikel perempuan

Barakata.id – Elon Musk adalah seorang pengusaha dan insinyur yang terkenal dengan perusahaan-perusahaan yang ia dirikan. Sebagai miliader yang sukses, reputasi Elon Musk memang tak diragukan lagi. Beberapa waktu lalu, saat berbincang-bincang di podcast Lex Friedman, CEO SpaceX dan Tesla ini membagikan tips bagi anak muda yang ingin sukses.

Tak hanya sukses, tips yang dibagikannya ini juga jika diaplikasikan anak membawa dampak positif bagi dunia. Apa saja tipsnya? Ini dia lima tips yang dibagikan musk seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (25/1/22).

1. Anak muda harus berguna

Menurut Elon Musk, anak muda harus menjadi sosok yang berguna. Kehidupan yang layak dijalani adalah ketika seseorang memberikan manfaat bagi orang lain.

Diakuinya, menjadi orang yang berguna itu memang tidak. Bahkan sangat sulit. Tapi bagaimana pun caranya, anak muda harus melakukan sesuatu yang berguna bagi sesama manusia.

2. Berkontribusi kepada masyarakat

Masih berkaitan dengan tips pertama, nasihat selanjutnya yang diberikan Musk adalah anak muda harus berkontribusi kepada masyarakat. Bahkan kontribusi itu harus lebih banyak kepada sekitarnya daripada yang diperoleh secara pribadi.

“Cobalah untuk memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat. Itu adalah sesuatu yang harus dituju,” ujarnya.

3. Jangan jadi pemimpin untuk gaya-gayaan

“Seringkali, orang yang kalian inginkan untuk menjadi pemimpin adalah orang-orang yang tidak ingin menjadi pemimpin,” kata Musk.

Sehingga dia menyarankan kepada anak muda untuk tidak menjadi pemimpin kalau hanya sekadar untuk gaya-gayaan.

4. Cerna informasi sebanyak mungkin

“Cobalah untuk mencerna informasi sebanyak yang kalian bisa, dan cobalah untuk mengembangkan pengetahuan umum yang baik sehingga kalian setidaknya memiliki gambaran kasar tentang lanskap pengetahuan,” imbuhnya.

Salah satu cara untuk mencerna informasi adalah dengan rajin membaca. Dalam podcast itu, Musk mengatakan saat masih anak-anak dia sangat suka membaca ensiklopedia.

Maka, ia pun mendorong anak-anak muda untuk membaca banyak buku. Sehingga informasi yang didapatkan pun lebih banyak.

5. Belajar dengan berbicara dengan orang lain

Musk menyarankan anak-anak muda untuk belajar sebanyak mungkin. Salah satu caranya dengan berbicara dengan orang lain yang punya later belakang berbeda.

Tapi ingat, yang dibicarakan bukan gosip ya. Melainkan informasi baru mengenai skil atau pengetahuan yang bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin