Home Nusantara

5 Sasaran Operasi Zebra 2020, dari Lawan Arus hingga Tak Pakai Masker

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (26/10/20), Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, ada lima jenis pelanggaran prioritas yang menjadi sasaran dalam Operasi Zebra Seligi 2020.

Jika lazimnya jenis pelanggaran yang ditindak hanya terkait lalu lintas maka kini di tengah pandemi, ditambah dengan pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Termasuk, bagi pengendara yang tidak menggunakan masker.

Kelima pelanggaran itu adalah pengendara melawan arus, pengendara tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, pengendara melintas di bahu jalan, khususnya jalan tol.

“Ini adalah pelanggaran tematik yang menjadi prioritas utama untuk Operasi Zebra Jaya 2020,” kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin (26/10/20).

Baca Juga :

Meski demikian, Sambodo menuturkan dalam operasi ini, pihaknya lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif ketimbang tilang. Ia pun menegaskan bahwa pada Operasi Zebra tahun ini, pihaknya tidak akan melakukan razia secara berkerumun demi menghindari penularan virus corona.

Terkait keterlibatan instansi lain dalam razia kali ini, Sambodo mengatakan pendampingan itu dilakukan untuk membagi tugas penindakan.

“Ketika ada pelanggaran lalu lintas dilakukan masyarakat, yang menindak adalah polisi. Ketika menemukan pelanggaran lalu lintas atau protokol kesehatan dari teman-teman dari TNI, maka ada POM TNI,” ujarnya.

“Kemudian, saat ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, ada Satpol PP dan Dishub yang nanti melakukan penindakan,” pungkas Sambodo.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin