Home Warta Nusantara 5 Sasaran Operasi Zebra 2020, dari Lawan Arus hingga Tak Pakai Masker

5 Sasaran Operasi Zebra 2020, dari Lawan Arus hingga Tak Pakai Masker

596
Foto Operasi Zebra 2020
Jajaran Polda Kepri menindak puluhan pengendara dalam Operasi Zebra Seligi 2019 hari pertama di kawasan Batam Centre, Kota Batam, Rabu (23/10/19). (F: Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Kepolisian menggelar Operasi Zebra Seligi 2020 serentak di seluruh wilayah Indonesia selama dua pekan, mulai 26 Oktober sampai 8 November 2020. Ada lima jenis pelanggaran yang menjadi sasaran dalam Operasi Zebra tahun ini.

Berbeda dengan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya, pada operasi kali ini, polisi tidak akan melakukan razia secara berkerumun. Hal itu untuk menghindari penularan Covid-19 di masyarakat.

Artinya, polisi tidak akan melakukan razia pada titik-titik tertentu. Tahun ini, petugas lebih mengedepankan razia secara mobile atau patroli.

Polisi juga lebih mengutamakan program pendidikan kepada masyarakat. Ada dua prioritas edukasi yang bakal dijalankan yaitu edukasi tentang peraturan lalu lintas, dan edukasi mengenai protokol kesehatan.

Karena itu, pada Operasi Zebra Seligi 2020 ini, kepolisian juga melibatkan instansi lain seperti POM TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Baca Juga :

Meski demikian, sanksi akan tetap diberikan kepada pengendara yang melanggar aturan, termasuk jika tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Petugas akan lebih fokus memberikan sosialisasi dan pendidikan soal lalu lintas kepada masyarakat. Sanksi hukum akan diberikan untuk pelanggaran yang sifatnya membahayakan pengguna kendaraan,” kata Dirlantar Polda Kepri, Kombes Mujiyono di Batam.

“Jadi, 40 persen preemtif atau sifatnya edukasi, sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan dengan turjawali, yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, dan 20 persen penindakan dengan tilang dan sebagainya,” sambung dia.

Mujiyono mengimbau kepada seluruh pengendara agar mematuhi aturan lalu lintas selama berkendara di jalan raya. Pengendara harus mengecek terlebih dahulu dokumen kendaraan, surat izin mengemudi (SIM) serta memakai masker sebelum bepergian.

“Yang penting itu adalah patuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan menerobos lampu merah atau melawan arus. Sebelum bepergian, pastikan dokumen kendaraan sudah lengkap, termasuk SIM. Selalu berhati-hati saat berkendara di jalan raya,” kata dia.

5 pelanggaran prioritas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin