Home Kepulauan Riau 5 Kapal Terbakar di Pelabuhan BC Batam, 4 Orang Diperiksa Polisi

5 Kapal Terbakar di Pelabuhan BC Batam, 4 Orang Diperiksa Polisi

52
Kapal terbakar
Sisa puing-puing kapal tangkapan BC Batam setelah terbakar di Pelabuhan BC Batam di Tanjunguncang. Tampak api masih mengeluarkan asapnya, Selasa (23/2/2021). F: kabarbatam.com
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam-  Kepolisian Sektor (Polsek) Batu Aji, periksa empat (4) orang terkait terbakarnya  tiga unit kapal dan dua pompong di pelabuhan Bea Cukai Tanjunguncang, Batuaji, Kota Batam, Selasa (23/2/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

Empat orang dimintai keterangan sebagai saksi itu diantaranya, dua orang sekurity dan dua orang sebagai penjaga kapal.

“Saat  kejadian (Kebakaran) ada empat orang berada di lokasi kebakaran. Kita minati keterangan sebagai saksi,” ungkap Wakapolsek Batuaji, AKP Indra, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: 

AKP Indra mengatakan, dugaan sementara sebagai pemicu terjadi kebakaran itu akibat tumpukan puntung rokok di dalam kapal, yang dibuang sembarangan.

“Ada tumpukan puntung rokok di dalam kapal. Kita duga kebakaran terjadi berawal dari puntung rokok itu,” pungkas AKP Indra.

AKP Indra mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 08.00 WIB pagi dan 5 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk meminimalisir kebakaran yang terjadi.

Baca juga: 

“Tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini. Hanya berupa kapal saja. Dua jam kemudian, api  baru bisa dipadamkan,” tambah Indra.

Polsek Batuaji, sambung Indra, masih menunggu tim identifikasi Polresta Barelang guna penyelidikan lebih lanjut dan kasus ini dilimpahkan ke Polresta Barelang untuk penanganan selanjutnya.

Kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut, satu unit di antaranya sudah Ingkrah, sementara sebagian lagi masih dalam pengawasan pihak Bea Cukai Batam.

Baca juga: 

Diberitakan sebelumnya, lima unit kapal tangkapan Bea dan Cukai (BC) Batam, dan dua unit pompong, terbakar di pelabuhan BC Batam di Tanjung Uncang, Selasa (23/2/2021) sekira pukul 08.30 Wib.

Kapal-kapal yang terbakar tersebut, adalah; Rahmat Jaya, Carolina, Ikral Jaya, dan 2 unit pompong.

Dijelaskan Rizki, dari kelima kapal terbakar tersebut, salah satunya yakni Kapal Motor (KM) Rahmat Jaya 09 yang baru-baru ini berhasil diamankan Bea Cukai Batam, saat kedapatan membawa ratusan barang elektronik ilegal.

“Salah satu kapal yang ikut terbakar menurut informasi yang kami terima yakni KM Rahmat Jaya 09 dan untuk barang-barang muatan kapal tersebut sudah dievakuasi terlebih dahulu sebelum kebakaran terjadi,” jelasnya.

Baca juga: 

Saat ini proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh pihak Kepolisian Polresta Barelang tengah dilakukan dan belum diketahui pasti apa penyebab peristiwa kebakaran terjadi.

“Sekarang masih dalam proses penyelidikan pihak Kepolisian Polresta Barelang,” pungkasnya.

*****

Editor: Ali Mhd

Advertisement
SebelumnyaAsahan Zona Orange, Warga Terkonfirmasi Covid-19 Terus Bertambah
SelanjutnyaDiduga Tak Melaksanakan Tugas, DKPP Periksa Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Klaten