Home Nusantara 5.000 Jurnalis Divaksin Akhir Februari hingga Awal Maret

5.000 Jurnalis Divaksin Akhir Februari hingga Awal Maret

Sertifikat Usai Divaksin
ilustrasi. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jakarta- Sebanyak 5.000 jurnalis bakal divaksin di akhir Februari hingga awal Maret 2021. Rencana vaksinasi kepada awak media ini diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurut dia, jurnalis merupakan garda terdepan edukasi penanganan pandemi di tengah masyarakat. Sehingga para jurnalis akan turut memperoleh prioritas vaksinasi secara bertahap.

“Tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof Nuh (Ketua Dewan Pers) untuk awal, di akhir bulan Februari sampai awal Maret nanti, untuk awak media sudah kita siapkan kira-kira 5.000 orang jurnalis untuk bisa divaksin,” kata Jokowi di acara Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2/21) di Istana Negara, Jakarta yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Negara.

Baca Juga:

Jokowi mengatakan, sebagaimana sektor lainnya, media juga menghadapi masa sulit di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu pemerintah berupaya meringankan beban industri media. Upaya itu diberikan lewat sejumlah insentif.

Diantaranya, PPh 21 bagi awak media telah di masukkan ke dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah,

“Artinya pajak dibayar oleh pemerintah dan ini berlaku sampai Juni 2021. Tolong ini diikuti dan dikawal dengan Menteri Keuangan,” ungkapnya.

Insentif lainnya bagi industri media yaitu pengurangan PPh Badan, pembebasan PPh 22 Impor, hingga percepatan restitusi yang juga berlaku sampai bulan Juni 2021.

Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) meminta anggotanya untuk ikut vaksinasi. Hal itu setelah melalui beberapa pertimbangan.

Dalam Surat Edaran Pengurus Nasional Nomor 226/AJI/E/2021 disebutkan wartawan masuk dalam skala prioritas vaksinasi.

Baca Juga:

Banyaknya jurnalis yang terinfeksi dan sebagian meninggal kemudian menjadi pertimbangan agar wartawan masuk skala prioritas vaksinasi.

“Berdasarkan diskusi di Pengurus Nasional AJI, kami menilai anggota AJI dipersilakan untuk menerima atau mengikuti program vaksinasi Covid-19 ini,” kata Ketua Umum AJI Abdul Manan, Kamis (4/2/21).

***

Editor: Asrul R

SebelumnyaKetua LAM Tanjungpinang Sesalkan Penghinaan kepada Wali Kota
SelanjutnyaMasuk Wilayah Indonesia, Protokol Kesehatan Diperketat bagi Orang Asing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin