42 Warga Tanjungpinang Terserang Kanker, 50 Persen Payudara

Kanker Payudara
Foto ilustrasi. Sepanjang tahun 2019, ada 42 kasus kanker di Kota Tanjungpinang. Separuhnya adalah pasien kanker payudara. (F: Shutterstock)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tanjungpinang – Sebanyak 42 warga Tanjungpinang tercatat sebagai pasien kanker selama tahun 2019. Dari jumlah itu, 50 persennya atau 21 kasus adalah pasien kanker payudara.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang sendiri selama 2019 menangani kasus kanker payudara sebanyak 21 kasus, kemudian kanker serviks 6 kasus, dan kanker tyroid sebanyak 3 kasus.

Baca Juga :
Cinta Penelope, Alkohol dan Kanker yang Menyerangnya

Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam menjelaskan, data penderita kanker ini diperoleh dari bantuan rujukan bagi penyitas. 

“Hampir semua penyitas kanker menjalani pengobatan rujukan ke daerah lain,” kata Rustam dilansir dari laman resmi Pemprov Kepri, Minggu (9/2/20).

Ia mengatakan, sebagian besar pasien tersebut dirujuk ke rumah sakit di Kota Batam, Jakarta, dan beberapa kota besar di Pulau Sumatera. 

Rustam mengungkapkan, umumnya kasus penderita kanker yang ditemukan sudah pada kondisi stadium lanjut. Ia menyesalkan kondisi tersebut mengingat kanker serviks dan kanker payudara sebenarnya bisa dideteksi dan dicegah secara dini.

Selanjutnya, rajin periksa payudara

1
2
SebelumnyaPM Singapura Lee Minta Warga Tenang dan Tak Belanja Berlebihan
Selanjutnya6 WNI Diduga Suspect Virus Corona dari Singapura Masuk ke Batam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin