Home Gaya Kesehatan

40,2 Juta Orang di Indonesia Divaksin Pada Periode Awal

Vaksin Covid-19
Ilustrasi. Vaksin Covid-19. (F: Reuters/ Dado Ruvic)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id- Sebanyak 40,2 juta orang di Indonesia akan divaksin di periode awal. Rinciannya, di tahap pertama vaksinasi akan dilakukan kepada 1,3 juta orang tenga kesehatan di seluruh provinsi.

Di tahap kedua, vaksinasi akan dilakukan kepada 17,4 juta orang yang bekerja di ruang publik. Kemudian di tahap ketiga, vaksinasi akan dilakukan kepada 21,5 juta untuk lansia di atas 60 tahun.

Baca Juga:
1,8 Juta Vaksin Sinovac Tahap 2 Tiba di Indonesia

Advertisement

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan rencana itu telah dikonsultasikan dengan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Sesudah itu (tiga tahap tersebut) nanti masyarakat normal akan mulai divaksinasi,” kata Budi melalui keterangan pers di Kantor Presiden, di Jakarta, dikutip dari laman setneg.go.id, Kamis (31/12/20).

Budi mengatakan, setiap negara memiliki tahapan berbeda. Tapi tenaga kesehatan, tetap menjadi prioritas utama yang menerima vaksin Covid-19.

“Mereka (Tenaga Kesehatan) adalah garda terdepan. Apa yang kami lakukan, sama dengan di Amerika dan semua negara lainnya,” ucapnya.

Kendati demikian, pemberian vaksin ini akan dilakukan, setelah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Budi mengatakan, pemerintah selalu berpegang teguh pada data-data sains untuk memastikan keamanan vaksin Covid-19.

Baca Juga:
Erick Tohir Sebut Tak Semua Dapat Vaksin Gratis

Budi mengaku, vaksinasi yang dilakukan secara bertahap itu merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden sampaikan bahwa beliau sangat sayang kepada tenaga kesehatan ini. Jadi walaupun katanya bisa dilakukan cepat coba dilakukan secara bertahap dan hati-hati,” pungkasnya.

****

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin