Home Gaya

4 Manfaat Berpelukan Bagi Suami Istri

126
Berpelukan dapat menjadi media untuk berkomunikasi bagi pasangan. (F : Shutterstock.com)

Barakata.id – Seringkali karena kesibukan masing-masing, suami istri tak memiliki waktu untuk quality time, salah satunya manfaat berpelukan. Padahal berpelukan dapat mempengaruhi aspek fisik maupun psikis.

Melalui pelukan, secara tak langsung dapat menggali kedalaman atau hubungan yang lebih intim dengan pasangan. Rachel McDavid, terapis keluarga dan pernikahan mengatakan, tiap individu berbeda. Ada beberapa masalah yang bisa diselesaikan dengan kata-kata. Tetapi pelukan bisa menjadi perantara.

Matt Lundquist, psikoterapis dan terapis hubungan, menjelaskan bahwa sentuhan yang dirasakan melalui berpelukan juga dapat memulai pembicaraan yang belum terungkap karena tidak ada waktu untuk membahas atau gengsi.

Baca Juga:
8 Cara Romantis Membangunkan Pasangan di Pagi Hari 

Dilansir dari ibupedia, ada 4 manfaat berpelukan yang bisa diperoleh bagi suami istri.

1. Menurunkan stres

Tubuh mengeluarkan hormon oksiton saat berpelukan. Hormon ini berfungsi mengurangi rasa cemas serta stres. Seorang pelatih manajemen stres dan terapis holistik, Catherine A. Connors, mengatakan ketika hormon tersebut dilepas, secara langsung dapat membantu kita untuk mengurangi tekanan darah atau tensi. Tak hanya tensi, hormon oksitosin juga dapat mengurangi hormon stres atau kortisol.

Tensi yang menurun dapat mencegah serangan jantung dan kecemasan. Jika sering dilakukan, berpelukan terus mengeluarkan hormon oksitosin, sehingga dapat membantu kita untuk terus berpikir positif.

2. Meningkatkan bonding

Hormon oksitosin dapat membangun keterikatan emosional dengan pasangan. Berpelukan membuat kita merasa dicintai lebih dalam.

Berpelukan juga dapat menuntun pada aktivitas seksual. Kembali lagi, kita harus memiliki ritme tersendiri dengan pasangan. Jika memang hanya ingin berpelukan saja, komunikasikan dengan pasangan supaya bisa saling memahami kemauan pasangan yang lainnya. Umumnya, manfaat berpelukan dapat membuat hubungan suami dan istri menjadi lebih positif.

3. Meningkatkan imun tubuh

Berpelukan dapat menstimulasi sistem parasimpatesis (relaksasi) dalam tubuh, seperti hormon serotonin, dopamine, dan oksitosin Pelepasan hormon oksitosin oleh otak, akan membuat kita merasa lebih bertenaga dan semangat. Manfaat berpelukan juga tak hanya melepas hormon oksitosin, tetapi hormon-hormon lain yang bertujuan untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Pada dasarnya, berpelukan mendorong sistem kerja imunitas tubuh lebih maksimal sehingga tubuh dapat melawan virus-virus yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Ketika stres berkurang, kinerja tubuh termasuk sistem imunitas tubuh menjadi lebih optimal. Kondisi tubuh setelah berpelukan pun mampu melawan virus yang dapat menyebabkan kita terkena sakit flu dan pilek.

Baca Juga:
5 Alasan Mengapa Pernikahan Anda Kurang Intim

4. Membantu komunikasi

Sebagian besar masalah pada sebuah hubungan adalah komunikasi. Kita cenderung menebak apa yang ada di dalam pikiran seseorang, tanpa berusaha untuk menjalin komunikasi sehingga terjadi salah paham. Manfaat berpelukan dapat membantu hal tersebut bisa terselesaikan dengan baik. Berpelukan dapat menjadi komunikasi non verbal terhadap pasangan kita.

Terkadang, ucapan dapat memicu kesalahpahaman, sehingga berpelukan dapat menjadi sebuah solusi karena body language kita dapat menunjukkan apa yang sebenarnya sedang dirasakan.

David Klow, terapis pernikahan dan keluarga di Chicago mengatakan,sebagian besar orang ingin dimengerti. Berpelukan dapat menjadi cara yang paling bermanfaat untuk menyampaikan simpatik kita kepada pasangan. Klow menyarankan agar berpelukan dijadikan komunikasi yang dilakukan konsisten.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin