Home Gaya Kesehatan

4 Manfaat Angkat Kaki ke Dinding Sebelum Tidur, Yuk Dicoba

123
Angkat Kaki ke Dinding
Mengangkat kaki ke dinding sebelum tidur jika dilakukan dengan rutin memiliki banyak manfaat. Mencegah stres salah satunya. (F: Indiatimes)

Barakata.id- Seharian beraktivitas pasti membuat Anda lelah. Apalagi bagi yang mobilitasnya tinggi. Rasa lelah di bagian kaki juga sering dirasakan oleh orang yang pekerjaannya lebih banyak berdiri.

Mengistirahatkan diri dengan berbaring adalah pilihan yang paling banyak digemari. Tapi ternyata jika Anda menambahkannya dengan mengangkat kaki ke dinding, banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Berikut ini 4 manfaat angkat kaki ke dinding sebelum tidur dilansir dari Heathline, Selasa (11/8/20). Mengangkat kaki ke dinding akan semakin terasa manfaatnya jika Anda melakukannya dengan rutin.

Baca Juga:
5 Tips Mata Tetap Nyaman Seharian di depan Komputer

1. Mengatasi kaki kram dan bengkak

Bagi Anda yang pekerjaannya lebih sering berdiri atau berjalan, kaki kram dan bengkak selalu jadi masalah utama. Mengangkat kaki ke dinding sebelum tidur bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Caranya angkat kedua kaki ke dinding dalam posisi berbaring. Pastikan bagian punggung tidak terangkat. Cukup bagian paha hingga ujung kaki yang disandarkan ke dinding.

2. Tidur lebih nyenyak

Saat kedua kaki diangkat ke dinding, posisi kaki lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan cairan berlebih di bagian bawah tubuh (kaki).

Jika dilakukan dengan rutin 15-20 menit sirkulasi darah akan lebih lancar, otak akan mendapat lebih banyak oksigen. Sehingga tidur pun akan jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Mencegah stres

Tubuh akan lebih rileks ketika berbaring dengan kaki diangkat ke dinding. Sirkulasi darah yang makin lancar membuat sistem saraf lebih baik.

Baca Juga:
7 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Tekanan di sekitar kening, leher dan perut juga akan berkurang. Dengan begitu Anda tak akan mudah mengalami stres.

4. Melancarkan pencernaan

Sirkulasi darah yang meningkat ketika Anda mengangkat kaki ke dinding, bisa mengoptimalkan sistem pencernaan. Suplai darah ke organ-organ dalam bisa meningkat melalui aliran dari kaki.

Jika kegiatan ini dilakukan dengan rutin, tak hanya bisa mencegah stres, tapi juga membuat nurtisi yang dicerna lebih mudah diserap dengan cepat.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin