Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

4.000 Petugas Pariwisata di Kepri Sudah Disuntik Vaksin Corona

Petugas Pariwisata Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad Rakor bersama Wakil Menteri Kesehatan RI secara virtual dengan agenda Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (23/3/21). (F: Diskominfo Kepri)

Barakata.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengatakan, sedikitnya 4.000 petugas pariwisata di Kepri sudah disuntik vaksin Covid-19. Vaksinasi terhadap petugas pariwisata tersebut berdasarkan persetujuan Menteri Kesehatan.

Ansar mengatakan, vaksinasi kepada ribuan petugas pariwisata di Kepri sebagai salah satu upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata. Provinsi Kepri berencana membuka kembali beberapa tempat wisata untuk turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman).

Dua kawasan wisata yang dibuka pada 21 Apri 2021 nanti adalah kawasan terpadu Lagoi di Kabupaten Bintan dan Nongsa Point Marina di Kota Batam.

BACA JUGA : Pariwisata Kepri: Lagoi dan Nongsa Terima Turis Asing Mulai April

Pembukaan dua kawasan itu pun sudah disetujui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Langkah pertama sebelum dua kawasan itu dibuka, pemerintah sudah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada para petugas pariwisata di kedua kawasan wisata terpadu itu.

“Karena kedua wilayah pariwisata yang dibuka pada 21 April nanti tidak berafiliasi langsung dengan masyarakat umum,” ujar Ansar saat Rakor bersama Wakil Menteri Kesehatan RI secara virtual dengan agenda Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, kemarin, dikutip dari kominfo.kepriprov.go.id, Rabu (24/3/21).

Ansar juga mengharapkan nantinya agar meningkatkan keamanan saat dibukanya pariwisata Kepri, pihaknya akan menyiapkan agar wisman atau turis asing itu masuk ke Batam dan Bintan cukup dengan Genose (skrining), dan kembali lagi ke Singapura baru di-swab.

“Kita menggunakan vaksin reguler yang diberikan pada tahap dua untuk para petugas wisata ini,” ujarnya.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Pastikan Kepri Siap Terima Turis Asing

Selanjutnya Ansar telah mengusulkan untuk penambahan sekitar 30.000 dosis untuk petugas pariwisata kemudian perkampungan yang dekat dengan daerah wisata dan keluarga petugas pariwisata.

Dengan begitu Ansar yakin bahwa nantinya dibukanya pariwisata Kepri dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri.

Bukan hanya Lagoi dan Nongsa Point, sejumlah tempat wisata di Kepri juga akan menyusul dibuka, baik untuk turis asing maupun wisatawan domestik. Namun, Ansar mengingatkan pemerintah daerah dan para pengelola tempat wisata agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat menerima kunjungan wisatawan.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin