Home Ekonomi Properti 32 Hotel dan Resort di Batam Sudah Daftar Sertifikasi CHSE

32 Hotel dan Resort di Batam Sudah Daftar Sertifikasi CHSE

22
Hotel dan Resort di Batam
Kadisbudpar Batam Ardiwinata dalam salah satu kegiatan bersama insan pariwisata beberapa waktu lalu. (F: Disbudpar Batam)

Barakata.id- Sebanyak 32 hotel dan resort di Batam sudah mendaftar sertifikasi Cleanlinness, Health, Safety and Environtment (CHSE). Sertifikasi tersebut merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

Pendaftaran sertifikasi CHSE itu dilakukan melalui laman https://chse.kemenparekraf.go.id. Sertifikasi itu diberikan kepada destinasi atau usaha pariwisata yang lolos audit atau penilaian. Kemudian tempat tersebut akan diberi label InDOnesia CARE (I Do Care) oleh Kemenparekraf.

Baca Juga:
151 Hotel di Batam Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Ardiwinata mengatakan, sertifikasi CHSE ini berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat.

“Bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, keselamatan dan kelestarian lingkungan,” kata Ardi, Selasa (3/11/20).

Menurut Ardi, sertifikasi CHSE ini dapat meningkatkan kepercayaan negara luar kepada pariwisata dan destinasi di Batam. Tak hanya di Batam sertifikasi ini diberlakukan bagi perhotelan dan destinasi wisata di seluruh Indonesia.

Sertifikasi ini merupakan langkap pemerintah membangun citra pariwisata. I Do Care sendiri merupakan kampanye untuk membangun reputasi bangsa Indonesia kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

Baca Juga:
120 Hotel di 9 Provinsi Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Corona

Untuk itu, Ardi mengajak semua pelaku wisata hotel, resort, dan destinasi wisata lainnya di Batam untuk mendaftarkan diri.

Sebelumnya Disbudpar Batam sudah memberikan sertifikat pelaksanaan penerapan protokol kesehatan bagi hotel-hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tempat usaha pariwisata bakal daapat dua sertifikat, dari Kemeparekraf dan dari Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU).

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin