Home Kepulauan Riau Batam

30 Rumah di Tanjunguma Kebanjiran, Ini Penyebabnya

19
Banjir
Anggota Polsek Lubuk Baja mengecek banjir di Tanjunguma. F Humas Polresta Barelang.

Barakata.id, Batam – Hujan mengguyur Kota Batam, Jumat (7/10/2022) lalu. Sehingga menyebabkan puluhan rumah di Tanjunguma terendam banjir. 

Setelah dilakukan pengecekan, banjir ini disebabkan saluran irigasi di kawasan tersebut tidak dapat menampung debit air. 

“Ada 30 rumah terendam banjir kemarin,” kata Kapolsek Lubuk baja Kompol Budi hartono, Jumat (7/10/2022). 

Baca juga : Hujan Hingga Minggu, Warga Batam Sedia Payung

Budi mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan, penyebab tersebut akibat saluran irigasi pemukiman masyarakat di Tanjunguma. 

“Saluran irigasi tidak dapat menampung air. Sehingga meluap ke jalan dan mengalir hingga ke pemukiman warga Bukit Timur RT 05 RW 06, Tanjung Uma,” ujar Budi. 

Ia mengatakan saat mendapatkan informasi, jajaran Polsek Lubuk Baja segera ke lokasi. 

Demi mengurangi debit air yang masuk ke dalam perumahan masyarakat. Polsek Lubuk Baja meminta bantuan kepada PT Cahaya Dinamika Harum Abadi (CDHA). 

Baca juga : Hujan Tanpa Henti, Ini Sejumlah Titik Banjir di Batam

“Kami meminjam alat berat milik perusahaan itu, untuk membuat tanggul serta mengeruk (pendalaman) terhadap saluran irigasi. Hal ini dilakukan supaya aliran air menjadi lancar,” ucap Budi. 

Banjir di perumahan ini tidak berlangsung lama, usai dilakukan pengerukan dan pembuatan tanggul sementara. 

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin