Home Gaya

3 Cara Agar Anak Lepas dari Kecanduan HP

108
Anak Percaya Diri
Foto Ilustrasi. Menciptakan waktu berkualitas bersama anggota keluarga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. (F: shutterstok)

Barakata.id, Batam – Mempunyai anak yang kecanduan HP (handphone) menjadi salah satu problem terbesar orangtua masa kini. Kemajuan teknologi dan mudahnya akses internet seolah mendukung perilaku anak untuk tidak lepas dari perangkat telekomunikasi itu.

Di era serba digital saat ini, tantangan orangtua memang bertambah. Orangtua bukan saja dituntut melek teknologi tapi sekaligus juga harus bisa membentengi anak-anaknya dari gempuran kemajuan teknologi itu sendiri.

Sangat banyak sekarang ini bertebaran iklan-iklan tentang program atau aplikasi yang bisa diunduh melalui HP. Termasuk pula media sosial, game, dan film.

Baca Juga : Kecanduan Main HP Bisa Bikin Tengkorak Benjol

Tak sedikit orangtua yang mengeluhkan perihal anak mereka yang sudah kecanduan gadget.

Anak yang kecanduan HP, akan lebih suka mengurung diri di kamar atau rumah dibanding berinteraksi secara sosial di lingkungan tempat tinggalnya. Ia asyik tenggelam dalam dunia maya, hingga berjam-jam lamanya.

Faktanya, banyak anak-anak yang kecanduan gadget hingga mereka harus berakhir dalam perawatan intensif di rumah sakit jiwa.

Efek adiktif dalam penggunaan gadget bisa berkembang menjadi masalah mental serius.

Lantas, bagaimana cara mencegah anak-anak agar terbebas dari kecanduan gadget?

Mengutip Kompas, berikut tiga cara yang bisa dilakukan para orangtua:

1. Ciptakan waktu berkualitas 

Saat anak rewel, orangtua kerap memberi si kecil HP agar anak tenang. Namun anak-anak, terutama balita, masih memiliki keterampilan kognitif yang belum sempurna.

Pemrosesan informasi dari gadget terbukti kurang menguntungkan daripada interaksi aktual dengan orang tua.

Balita dan proses kognitif simbolik anak-anak akan mendapat manfaat besar ketika ada orang dewasa yang menjelaskan dan berinteraksi dengan anak dibandingkan dengan menjadi penerima informasi pasif.

Selain itu, perkembangan sosial-emosional juga akan meningkat ketika ada interaksi yang sebenarnya.

Semakin banyak waktu bermakna yang kita habiskan dengan anak, semakin kecil waktu sang anak untuk terpapar dengan gadget.

Menyediakan waktu khusus untuk sang anak dapat menciptakan ikatan yang lebih intim antara orangtua dan anak.

Untuk itu, daripada memberikan HP untuk si kecil, sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut ini bersama si buah hati:

– Baca buku bersama
– Masak bersama
– Mengobrol bersama sang anak
– Berlibur dengan sang anak

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Jadi, sediakanlah waktu khusus untuk si kecil sehingga anak kita tak melulu bermain dengan gadget.

2. Batasi waktu penggunaan HP pada anak

Ilustrasi. Beri batasan waktu bagi anak untuk bermain dengan HP. (net)

Agar sang anak terhindar dari  kecanduan HP, orangtua harus menetapkan batasan. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

Mereka akan lebih memahami kapan waktu yang tepat untuk menggunakan HP dan kapan harus berhenti. Kita bisa menetapkan batasan penggunaan HP pada anak dengan menggunakan aplikasi atau pengaturan gadget

Kita juga bisa mengunci koneksi internet dalam jangka waktu tertentu dan memberi si kecil jadwal khusus untuk bermain HP.

Anak-anak harus memiliki waktu interaksi dengan lingkungan sekitar untuk melatih perkembangan motorik halus mereka. Perkembangan sosial-emosional juga dapat meningkat ketika mereka bermain dengan teman sebayanya.

Di sisi lain, banyak sekolah sekarang mengadaptasi teknologi sebagai bagian dari strategi pengajaran mereka. Kegiatan, kerja kolaboratif, dan bahkan penugasan menggunakan teknologi dan kehadiran online

Untuk itu, orangtua harus menerapkan batasan penggunaan gadget yang lebih bijaksana untuk anak-anak mereka.

3. Buat si kecil melakukan hal lain

Ilustrasi. Beri anak-anak kegiatan/permainan lain untuk melepaskannya dari kecanduan HP. (F: Shutterstok)

Mencegah penggunaan HP yang berlebihan pada anak-anak bisa kita lakukan dengan cara lain untuk mengekspresikan diri dan menggunakannya waktu untuk bersantai.

Oleh karena itu, orangtua harus bisa menawarkan sesuatu yang lebih relevan dan lebih bermanfaat untuk si kecil.

Baca Juga : Jajanan Sehat untuk Anak, Jangan Sepelekan Rambut

Sebagai contoh, kita bisa menawarkan si kecil kegiatan seperti olahraga, kegiatan seni, pelajaran musik atau apapun yang menjauhkan sang anak dari gadget.

Memiliki rutinitas atau jadwal kegiatan tertentun juga bisa membuat sang anak tidak terlalu aktif dengan HP dan membuat mereka mampu melakukan kegiatan yang merangsang kreativitas mereka.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin