Warta Kepulauan Riau 3.000 Lebih Pelamar Berebut 108 Kursi CPNS Pemprov Kepri

3.000 Lebih Pelamar Berebut 108 Kursi CPNS Pemprov Kepri

34
Ilustrasi. Pekerjaan sebagai PNS masih memiliki daya tarik tinggi di Indonesia. (F: Sindonews.com)

Barakata.id, Tanjungpinang – Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Kepri atau Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019 diserbu pelamar. Catatan panitia, hingga batas akhir pendaftaran pada 25 November lalu, ada 3.000 lebih pelamar yang memasukkan berkas.

Ribuan pelamar itu nantinya akan bersaing memperebutkan 108 formasi yang tersedia untuk Pemprov Kepri. Pelamar bukan hanya berasal dari wilayah Kepri, tapi juga ada yang dari luar daerah.

Baca Juga : Pelamar CPNS Tembus 3,7 Juta, Bukti “Seksinya” Pegawai Negeri

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Provinsi Kepri, Firdaus mengatakan, lebih dari 3.000 orang yang telah mendaftar secara online untuk mengisi formasi CPNS di lingkungan Pemprov Kepri.

“Ada sekitar 3.000 lebih pelamar yang mendaftarkan di situs kita,” kata Firdaus di Tanjungpinang, baru-baru ini.

“Saat ini kami masih melakukan tahapan verifikasi persyaratan pendaftaran. Sekitar minggu kedua Desember akan diumumkan yang lolos administrasi,” katanya.

Setelah pengumuman peserta yang lolos administrasi, proses seleksi akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Firdaus mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan terkait verifikasi persyaratan administrasi. Ia menegaskan, setiap syarat yang ditetapkan haruslah berkaitan dengan formasi jabatan yang dibuka.

Baca Juga : 4.246 Pelamar Berebut 140 Kursi CPNS Pemko Batam

Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada 9 Desember mendatang. Dan masa sanggahnya yaitu 10-12 Desember 2019, sedangkan pengumuman masa sanggah 20 Desember 2019.

Tahapan seleksi akan dijadwalkan Januari hingga Maret 2020. Sedangkan, integrasi data dengan BKN dan pengumuman kelulusan pada April 2020 mendatang.

Kemudian, pemberkasan bagi perserta yang dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir juga dijadwalkan pada April 2020.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, ada 197.111 formasi yang dibuka pada penerimaan CPNS kali ini. Rinciannya, 37.854 formasi untuk pemerintah pusat, dan 159.257 formasi untuk pemerintah daerah.

Seperti biasa, setelah tahap pendaftaran, proses selanjutnya adalah tahap seleksi administrasi. Untuk seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang yang akan dilaksanakan April 2020.

*****

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here