Home Kepulauan Riau

29 Traffic Light di Batam Dilengkapi Kamera Pengawas

2479
Traffic Light di Batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi meninjau ruang ATCS Dishub Batam, Kamis (21/1/21). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Sebanyak 29 traffic light di Batam telah dilengkapi dengan kamera pengawas. Kamera tersebut terhubung langsung dengan ruang Area Traffic Control System (ATCS) di Dinas Perhubungan (Dishub) Batam.

Melalui ATCS tersebut petugas Dishub Batam bisa memantau langsung setiap persimpangan jalan. Saat ini total jumlah traffic light di Batam sebanyak 36, dan 29 diantaranya sudah terhubung ke ATCS.

“Dari ruangan ini bisa kita pantau, setiap persimpangan jalan,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai meresmikan gedung baru ATCS, Kamis (21/1/2020).

Baca Juga:
Tilang Elektronik Segera Berlaku di Batam, Ingat! Plat Nomormu Bisa Direkam

Saat meninjau ruang tersebut, terlihat ada pengendara yang berhenti di salah satu simpang. Pengendara itu sedang menunggu lampu hijau menyala. Namun kendaraannya melewati garis batas jalan.

Pengendara itu pun langsung diingatkan dari ruang ATCS menggunakan pengeras suara. Pengendara itu diingatkan untuk menyesuaikan kembali posisi kendaraannya.

“Terlihat dari monitor yang bersangkutan memundurkan motornya. Artinya kita mengimbau agar masyarakat terus berhati-hati,” katanya.

Kepala Dishub Batam, Rustam Efendi mengatakan dari 29 traffic light yang telah dilengkapi kamera yang bisa dipantau dari ruang ATCS, 9 diantaranya telah dilengkapi dengan voice announcer.

Baca Juga:
Tingkatkan Kinerja Pegawai, Dishub Kota Batam Gelar Pengajian Rutin

Melalui alat tersebut, pengendara yang menyalahi aturan lalu lintas seperti melewati garis atau tak pakai helm bisa diperingatkan.

“Jadi jarak jauh kita imbau, jika ada yang melanggar lalu lintas,” kata Rustam.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin