Home Kepulauan Riau Batam

26.037 Seragam Sekolah Gratis Disebar untuk Siswa di Batam

836
Seragam Sekolah Gratis di Batam
Pemerintah bersama perbankan menyerahkan secara simbolis bantuan seragam sekolah gratis kepada perwakilan warga di Sagulung, Batam, Selasa (11/7/20). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 26.037 seragam sekolah gratis disebar untuk siswa SD dan SMP di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Bantuan itu diberikan pemerintah daerah dan program CSR Bank Riau Kepri, BRI, dan Bukopin.

Dari 26.037 seragam sekolah gratis itu, untuk siswa SD diberikan sebanyak 12.467 seragam dan bagi SMP sebanyak 13.570 seragam.

Bantuan seragam sekolah baru tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban orangtua murid yang secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Selama masa pandemi, masyarakat merasakan kesulitan karena perputaran perekonomian berjalan tersendat-sendat.

Baca Juga :
23 Ribu KK di Batam Dapat Bantuan Pangan Non-Tunai Rp200.000, Diberikan Sampai Desember

Aktivitas perdagangan sempat macet, perusahaan-perusahaan di Batam pun banyak yang terpukul hingga tak sedikit yang merumahkan karyawan, bahkan ada juga yang menutup usahanya.

Pandemi Covid-19 juga membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan, dan dialihkan menjadi sistem belajar online. Kondisi ini menimbulkan beban tambahan bagi para orangtua siswa karena harus menyediakan perangkat yang mendukung sistem belajar daring itu, termasuk biaya untuk membeli kuota internet.

“Meski sekarang ini adalah masa-masa sulit, tapi bapak ibu sekalian perlu memahami bahwa kami, Pemko Batam tak akan tinggal diam. Saya dan Pak Wali Kota (Muhammad Rudi) tak henti-hentinya berusaha untuk warga Batam. Kita patut berterima kasih juga kepada pihak perbankan yang telah ikut membantu memberikan seragam sekolah untuk anak-anak kit,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat menghadiri penyerahan secara simbolis seragam untuk SMP wilayah Batuaji dan Sagulung di SMP Negeri 9 Batam di Sagulung, Selasa (11/8/20).

Baca Juga :
Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Bantuan Pemerintah

Amsakar mengatakan, sektor pendidikan mendapat perhatian serius dari pemerintah, tanpa mengacuhkan sektor lain dalam pembangunan fisik maupun non-fisik Kota Batam. Menurut dia, terjaminnya pendidikan bagi anak-anak sangat penting karena mereka adalah generasi penerus di masa depan.

“Soal masih ada yang kurang dalam pendidikan kita, akan terus kami urai dengan memperhatikan skala prioritas,” kata Amsakar.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan menyampaikan, bantuan seragam tingkat SMP wilayah Batuaji dan Sagulung mencapai 4.396 seragam.

“Untuk wilayah Sagulung sebanyak 3.082 seragam yang tersebar pada 11 sekolah. Sedangkan, Batuaji tersebar pada empat sekolah jumlah seragam yang dibagikan yakni 1.314 seragam,” katanya.

Baca Juga :
Warga Batam, Ini Jadwal Bantuan Sembako Tahap 4

Data dari Disdik Batam, bantuan seragam sekolah gratis untuk SD se-Batam mencapai 12.467 seragam. Rinciannya, 612 untuk empat sekolah di wilayah Batuampar, dan 1.203 seragam untuk 12 sekolah di Bengkong.

Kecamatan Nongsa, 1.151 seragam untuk 12 SD. Batam Kota 1.641 seragam untuk 12 SD, dan 657 seragam untuk 9 SD di wilayah Lubukbaja.

Kemudian, 1.837 seragam untuk Sekupang, 1.201 seragam untuk Batuaji, 2.302 seragam untuk Sagulung, 928 seragam dibagikan di Seibeduk, 313 seragam untuk Belakangpadang, 225 untuk wilayah Bulang, dan 397 seragam disebar di Galang.

*****

Editor : YB Trisna

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin