Home Warta Ekonomi

20.520 Keluarga di Batam dapat Bansos Tunai di 2021

Bansos Tunai
Ilustrasi. (F: Freepik)

Barakata.id- Sebanyak 20.520 keluarga di Batam akan menerima Bansos Tunai di tahun 2021. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapat bantuan tunai sebesar Rp300 ribu.

“Bantuan tersebut akan disalurkan selama empat bulan, yakni Januari hingga April,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin usai Rakor Program Bantuan Sembako, Jumat (8/1/21).

Baca Juga:
3 Jenis Bansos Diluncurkan, Risma Pesan Jangan Dibelikan Rokok

Jefridin mengatakan, Bantuan Sosial Tunai (BST) ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam rangka mengurangi beban bagi keluarga akibat imbas Covid-19.

Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Leo Putra mengatakan, penerima BST ini merupakan masyrakat miskin sesuai Data terpadu Kesejahteraan Sosal (DTKS).

Keluarga yang menerima BST ini dipastikan selain penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maupun penerima Bantuan Sembako Kemensos.

“Yang tidak tidak dapat PKH dan program sembako dibantu dengan bantuan ini,” ujarnya.

BST ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Di seluruh Indonesia, BST ini menyasar 10 juta keluarga. Bantuan tunai dari Kemensos ini menyerap anggaran sebesar Rp12 triliun.

Baca Juga:
Bantuan Tunai Tahap 7 untuk 22.301 KPM di Batam Cair

Tahun lalu di Batam, terdapat 24.245 keluarga yang menerima bansos tunai ini. Tapi ditahun ini jumlahnya berkurang menjadi hanya 20.520 keluarga saja.

Program BST ini pertama kali cair pada Mei 2020. Cara pencairannya juga mudah. Kepala Keluarga yang sudah terdaftar cukup membawa KTP dan KK asli bersama fotokopinya ke Kantor Pos terdekat di wilayah kecamatan tempat tinggalnya masing-masing.

***

Editor: Asrul R

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin