Home Nusantara 2 Bulan, Polda Jatim dan Polres Jajaran Berhasil Ringkus 262 Tersangka Dalam...

2 Bulan, Polda Jatim dan Polres Jajaran Berhasil Ringkus 262 Tersangka Dalam Kasus 3C

Tersangka 3C diamankan di Mapolda Jatim
262 tersangka 3C diamankan di Mapolda Jatim. (foto: istimewa).
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Surabaya (Jatim) – Selama 2 bulan, Polda Jatim dan polres jajarannya telah berhasil mengungkap sebanyak 262 tersangka kasus 3C (Curas, Curat dan curanmor).

“Kasus tersebut, diantaranya kasus Curat sebanyak 127 tersangka, Curas 51 tersangka, sedangkan kasus Curanmor 84 tersangka,” ungkap Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, saat menggelar Pers rilis di Gedung Mahameru, Mapolda Jawa Timur, Rabu (10/11/2021).

Kendati kasus Curas tidak setinggi kasus lainya, kata dia, dalam aksinya pelaku kerap sekali membuat korban terluka, bahkan sengaja melukai.

“Kasus Curas, biasanya para tersangka menjambret tas milik korban yang sedang mengendarai sepeda motor dengan menodongkan senjata tajam. Tersangka pun tak segan segan melukai korbannya jika melakukan perlawanan,” beber Hadi.

Baca juga : Polda Jatim Grebek Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya dan Sidoarjo

“Sementara dalam kasus Curat mempunyai modus sendiri dalam melakukan aksinya. Biasanya, tersangka merusak pintu atau jendela rumah atau gudang milik korban,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu juga, Polda Jatim juga menyerahkan 3 unit kendaraan roda empat dan 1 unit sepeda motor kepada pemiliknya korban kasus curanmor.

Sementara itu, salah satu korban, Hasanuddin mengaku sangat bersyukur dan menyampaikan terimakasih atas barang miliknya telah ditemukan kembali.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolda dan anggota Jatanras yang telah menangkap pelaku yang mencuri mobil saya,” kata Hasanudin, warga Pandaan, Jawa Timur saat di wawancarai awak media.

Baca juga : Perketat PPKM Darurat, Polda Jatim Berangkatkan Patroli Show Of Force

Lalu ia menceritakan atas hilangnya mobil pribadinya saat di parkir di depan rumah sebulan yang lalu, dan pada akhirnya ditemukan di exit tol Japanan.

“Saat itu mobil saya parkir di depan rumah pukul 17.00 WIB, namun pada pukul 03.00 WIB sudan tidak ada di tempat biasa kita parkir,” tukasnya.

Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan Pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara selama 9 tahun, jika menyebabkan korban luka berat 12 tahun, dan pidana mati atau seumur hidup jika menyebabkan korban meninggal dunia. (jun)

Sebelumnya“Bak Serigala Berbulu Domba”, Mengulik Motif Bisnis di Balik Tes PCR
SelanjutnyaLantik Kabaintelkam Hingga Kapolda, Kapolri : Jangan Padamkan Api Pada Saat Api Besar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin