Warta Kepulauan Riau 173 JCH Karimun Dilepas Menuju Batam

173 JCH Karimun Dilepas Menuju Batam

87
Ilustrasi. Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyalami seorang jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Batam, di halam rumah dinasnya, Tanjungbalai Karimun, Sabtu (20/7/19). (F: Barakata.id/Abdul Gani)

Karimun – Bupati Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) melepas keberangkatan 173 jemaah calon haji (JCH) di halaman Rumah Dinas Bupati, Sabtu (20/7/19) pagi. Mereka akan menuju Asrama Haji Batam sebelum bertolak ke Jeddah, Arab Saudi, Minggu (21/7/19) pukul 05.00 WIB.

Pelepasan ratusan JCH itu diwarnai Isak tangis dari pihak keluarga. Suana haru begitu terasa saat rombongan bergerak ke pelabuhan dan menaiki kapal yang akan membawa mereka ke Kota Batam.

Baca Juga : Baznas Karimun Distribusikan Bantuan untuk Fakir Miskin

Dari 173 orang JCH asal Karimun, tiga orang terlihat menggunakan kursi roda karena faktor usia senja. Secara umum, seluruh jemaah dinyatakan sehat dan siap diberangkatkan untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Pada kesempatan itu, Aunur Rafiq menitipkan doa kepada para jemaah agar selalu menjaga diri dan rombongan supaya tetap kondusif dan terbebas dari segala bencana.

“Semoga para JCH menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Selamat berangkat menuju baitullah dan selamat pula kembali ke Tanah Air nantinya,” harap Rafiq.

Baca Juga : Anggota DPRD Karimun Terpilih Dilantik 29 Agustus

Setelah 173 JCH ini, selanjutnya akan ada pelepasan jemaah gelombang kedua yakni 10 orang warga Karimun yang berasal dari kuota tambahan pada 30 Juli 2019.

Seorang JCH menggunakan bantuan kursi roda di acara pelepasan 173 JCH di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Sabtu (20/7/19). (F: Barakata.id/Abdul Gani)

Rafiq mengatakan, lokasi pemondokan para JCH Karimun tidak begitu jauh dengan Makkah, atau hanya berjarak sekitar empat kilometer.

Dari 173 JCH itu, terdapat satu orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), empat orang kepala rombongan dan 16 orang kepala regu.

Tahun ini, Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan sebanyak 12.860 jamaah haji dari empat provinsi yaitu, Riau, Kepri, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Jumlah jamaah yang diberangkatkan Embarkasi Batam bertambah sekitar 900 orang yang tergabung dalam dua kelompok terbang, sesuai dengan penambahan kuota haji untuk Indonesia.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para jemaah diinapkan satu malam di Asrama Haji Batam di Batam Center.

*****

Reporter : Abdul Gani

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here