Home Jelajah 10 Tips Liburan Aman dan Nyaman Saat Pandemi Covid-19

10 Tips Liburan Aman dan Nyaman Saat Pandemi Covid-19

Tips Liburan Saat Pandemi
Seorang wisatawan memakai masker saat berkunjung ke Puncak Beliung, Kawasan wisata berbasis komunitas ini memang menerapkan protokol kesehatan, bagi pengunjung, mulai dari pengecekan suhu,menyediakan tempat cuci tangan hingga wajib pakai masker. (F: Barakata.id/Asrul R)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jalan-Jalan – Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas menjadi terbatas, termasuk urusan liburan. Berdiam diri di dalam rumah, tentu sangat tidak mengenakkan.

Sementara itu, jika memaksakan diri untuk pergi liburan juga berisiko. Lalu bagaimana dong?

Saat ini, untuk liburan memang susah-susah gampang. Sejumlah tempat wisata yang biasa ramai dikunjungi wisatawan memang banyak yang tutup sementara. Namun, di setiap daerah, selalu ada tempat-tempat wisata yang buka dan menerima pengunjung.

Baca Juga : Agar Liburan Mendadak Tetap Menyenangkan

Tentu saja, semua itu dengan persyaratan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dan kita wajib menaatinya. Itu tips utama jika ingin liburan saat pandemi.

Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, kita memang dituntut untuk membiasakan diri disiplin mengaplikasikan protokol kesehatan dalam setiap ativitas, termasuk ketika berlibur ke tempat-tempat wisata.

Memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun dan sebagainya adalah bagian dari protokol kesehatan yang harus kita jalankan.

Tidak berat sebenarnya, jika kita sadar bahwa itu semua demi kesehatan dan keselamatan bersama, bukan hanya kita sendiri. Bagian terpenting saat ingin liburan adalah, pastikan kondisi tubuh sedang prima, siapkan obat-obatan pribadi dan vitamin agar tubuh tetap prima.

Baca Juga : Libur Panjang, Pergi ke Zona Merah Wajib Lapor

Nah, berikut ini 10 tips yang bisa kamu lakukan supaya acara liburan tetap aman dan nyaman saat pandemi seperti dilansir dari laman Dhaiatsu, Sabtu (13/2/21):

1. Pergi Sendiri atau Bersama Keluarga Serumah

Selama masa pandemi Covid-19, hal paling penting yang bisa dilakukan adalah meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain. Dalam hal ini, liburan sendiri lebih disarankan untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain.

Alternatif lain yang disarankan adalah pergi dengan keluarga serumah agar sejarah interaksinya terlacak.

2. Lakukan Riset Lokasi Wisata

Selain mengetahui riwayat interaksi, semua orang tetap harus memperhatikan situasi di tempat yang akan dikunjungi. Protokol kesehatan adalah hal terpenting yang harus dijaga, mulai dari keterisian lokasi, protokol kesehatan, hingga cara transaksi di tempat tersebut.

Jadi, pastikan lokasi yang akan dikunjungi memperhatikan hal-hal itu dengan baik.

3. Pilih Lokasi Wisata Alam di Luar Ruangan

Nah, liburan di luar ruangan tentu lebih disarankan. Hal ini meminimalisasi kontaminasi virus yang bisa menyebar di ruangan tertutup.

Baca Juga : Patuhi Protkes, Industri Pariwisata Bakal Bangkit

Di Indonesia, sangat banyak lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi. Cobalah pilih lokasi yang paling aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Beberapa tempat hiburan di dalam kota yang punya fasilitas outdoor mungkin juga sudah mulai beroperasi kembali. Tak sedikit pula lokasi hiburan baru yang memang dibuka dengan konsep outdoor bertemakan piknik kekinian.

Ya, hal ini bisa sedikit mengobati kerinduan atas liburan di tempat wisata alam.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Berlibur memang sudah bisa dilakukan, tapi tetap jaga diri dan keluarga dengan menggunakan moda transportasi yang aman. Bepergian dengan kendaraan pribadi lebih disarankan selama pandemi, tentu dengan tetap menjaga jarak keterisian di dalam kendaraan, ya.

Baca Juga : Foto-Foto Seksi Indah Kalalo Saat Liburan di Italia

Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima agar bisa digunakan dengan nyaman sampai tujuan.

5. Selalu Pakai Masker

Saat berkunjung ke lokasi wisata, akan banyak orang yang ditemui. Setidaknya, akan ada interaksi yang dilakukan dengan petugas di tempat wisata. Tetap ingat untuk tidak lalai saat berinteraksi dengan orang lain.

Selalu gunakan masker untuk mencegah adanya kontaminasi virus Covid-19. Terlepas dari penggunaan masker sekali pakai atau masker kain, pastikan juga untuk membawa masker ganti, ya!

6. Membawa Bekal dan Alat Makan

Jika memungkinkan, bawa bekal dan alat makan untuk dibawa selama bepergian. Tak hanya untuk di perjalanan, cobalah untuk siapkan bahan makanan yang bisa dipanaskan.

Jika bepergian dengan keluarga, siapkan juga alat makan untuk dipakai masing-masing, ya!

7. Menjaga Jarak dengan Pengunjung Lain

Meskipun sudah memilih lokasi wisata yang keterisiannya sedikit, kecil kemungkinan tidak ada pengunjung sama sekali. Bagaimanapun, lokasi wisata adalah tempat umum yang bisa dikunjungi semua orang.

Jadi, kondisikan diri untuk tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain.

8. Membawa Hygiene Kit

Menjaga kebersihan harus selalu jadi prioritas bagi semua orang, terutama untuk mencuci tangan. Selama liburan, mungkin lokasi wisata yang dikunjungi juga sudah menyediakan wastafel.

Baca Juga : Diterpa Covid-19, Golf Lebih Beruntung Daripada Wisata Lain

Namun, akan lebih baik saat pengunjung tetap membawa hygiene kit sendiri seperti hand sanitizer, surface spray, tisu basah, dan toilet seat cleanser. Bersihkan diri secara teratur sehingga kontaminasi virus bisa tetap dihindari.

9. Lakukan Reservasi Online

Jika perlu menginap selama berlibur, sebaiknya lakukan reservasi secara online agar meminimalisasi kontak langsung. Baik untuk memegang barang atau bicara dengan petugas hotel dan penginapan, reservasi online akan lebih praktis dan aman.

10. Gunakan Pembayaran Nontunai

Tips liburan saat pandemi kesepuluh adalah; upayakan menggunakan pembayaran nontunai. Bukan hanya reservasi, sebisa mungkin lakukan pembayaran nontunai untuk melakukan transaksi.

Di zaman serba digital sekarang ini, sudah banyak opsi pembayaran nontunai yang bisa dipilih. Tentu saja, akan lebih baik jika di lokasi wisata tersedia opsi pembayaran QR Code.

*****
Editor : YB Trisna

SebelumnyaMencegah Covid-19: Lakukan 5 Hal Ini Saat Bersama Orang Lain
SelanjutnyaBeri Keterangan Palsu Kasus Tanah Labuan Bajo, Dua Orang Ditangkap Kejati NTT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin