Home Gaya

10 Langkah Sederhana Pedikur di Rumah

52
Di musim pandemi, alih-alih mendatangi salon, Anda bisa melakukan pedikur sendiri di rumah dengan langkah-langkah sederhana. (F: harpesbazaar.co.id)

Barakata.id – Sejak masa pandemi ini, orang jadi malas keluar rumah tanpa urusan penting. Apalagi untuk mengunjungi tempat yang biasanya didatangi dan disentuh banyak orang. Salon salah satunya.

Untuk masalah wajah telah banyak yang berpengalaman dan melakukan perawatan sendiri di rumah. Tapi bagaimana dengan kaki beserta kukunya? Ternyata pedikur di rumah tidaklah sulit. Beberapa langkah sederhana yang dilansir dari harpesbazaar ini patut Anda coba.

1. Pastikan kuku sudah bersih dari kuteks, stiker, nail art dan lain sebagainya. Kikir kuku untuk membentuknya sesuai keinginan.

Baca Juga :
4 Trik Agar Bulu Mata Lentik Sepanjang Hari

2. Rapikan ujung-ujung kuku dengan bantuan gunting kuku. Jika ingin sudut-sudutnya melengkung gunakan alat pengikir kuku. Tapi ingat jangan memotongnya terlalu pendek. Kemudian bersihkan bagian bawahnya pelan-pelan dengan stik manikur.

3. Rendam kaki dalam bakom berisi air hangat. Campurkan delapan sendok makan garam epsom ke dalam air tersebut. Garam ini memiliki khasiat meredakan pegal-pegal, nyeri otot dan melancarkan sirkulasi darah. Tambahkan potongan jeruk lemon dan daun mint untuk efek menyegarkan. Agar permukaan kaki lebih halus, tuangkan beberapa sendok soda kue.

4. Diamkan rendaman kaki itu sekitar 20 menit. Kemudian gosok bagian kaki yang terasa kapalan menggunakan pumice. Ingat jangan menipiskan area tumit menggunakan silet karena hal itu memperbesar risiko infeksi.

5. Untuk mengatasi kaki kusam, gosokkan scrub. Tujuannya untuk mengenyahkan sel-sel mati sekaligus mempercepat regenerasi kulit baru. Jika ingin scrub alami, Anda bisa mencampur madu dan gula pasir sampai membentuk pasta kental sebelum dibalurkan ke kulit.

6. Basuh sisa-sisa kotoran yang sudah terangkat hingga bersih kesat. Kemudian lap kaki dengan handuk kering.

7. Bungkus kaki agar memberikan hidrasi menyeluruh. Anda bisa menggunakan foot mask yang memicu eksfoliasi dan membuat kaki halus.

Baca Juga :
Skincare yang Wajib Dimiliki di Musim Hujan

8. Oles cuticle oil atau petroleum jelly pada kutikula. Bagian kutikula ini penting untuk melindungi kuku dari serangan infeksi. Jadi hindari memotong atau mendorongnya secara paksa.

9. Jangan lupa melembabkan kaki dengan losion atau krim pelembab. Agar hasilnya maksimal usapkan pelembab dengan formula shea butter atau minyak kelapa. Jangan lupa pijit kaki dan sedikit tekan area yang terasa pegal.

10. Untuk sensasi yang berbeda, ambahkan beberapa tetes ekstrak pepermint untuk menutupi kemungkinan bau kaki. Atau bisa juga balurkan minyak esensial sari lavender untuk menambah kelembutannya.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin