Home Warta Nusantara

1 Syawal 1440 H Ditetapkan Hari Rabu, 5 Juni 2019

57
Ilustrasi melihat Hilal

Batam – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Keputusan itu merupakan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Senin (3/6/19) malam.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, pantauan dari 34 provinsi di Indonesia, tidak ada satupun yang melaporkan sudah melihat Hilal pada Senin (3/6/19). Pantauan Hilal dilakukan dari Aceh, Bali, Makassar, hingga Papua.

Dengan demikian, bulan Ramadan tahun ini akan genap menjadi 30 hari, dengan akhir Ramadan pada Selasa (4/6/19).

“Berdasarkan hasil sidang tadi, tanggal 1 Syawal ditetapkan pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019,” kata Lukman saat jumpa pers setelah sidang isbat, seperti ditayangkan salah satu stasiun televisi.

“Besok, Selasa tanggal 4 Juni 2019, kita masih puasa,” katanya.

Lukman Hakim Saifuddin

Sidang isbat digelar tertutup yang diikuti perwakilan organisasi masyarakat dan keagamaan Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI), ahli astronomi dan lainnya.

Untuk diketahui, Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Biasanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum.

Lukman mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan momentum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sebagai perekat persatuan dan kesatuan umat, serta kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Semoga Allah SWT menjadikan kita semua ke dalam golongan orang-orang yang bersyukur, dan melindungi bangsa Indonesia dari hal-hal yang bisa mengganggu persatuan,” ujarnya

Di Kantor PBNU Pusat, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj menegaskan, pantauan di seluruh wilayah Tanah Air, petugas belum ada yang melihat hilal. Karena itu, PBNU memutuskan Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Keputusan itu diambil setelah Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falahiyah PBNU melakukan rukyatul hilal bil fi’li (observasi hilal) di beberapa lokasi pada Senin (3/6/19).

“Itu artinya, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. Atau, puasa Ramadan menjadi genap 30 hari,” katanya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin