1.783 Gapura Bersaing di Festival Gapura Cinta Negeri, Total Hadiah Rp1 Miliar

64
Jajaran Kemendagri usai mengikuti upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Jakarta, Sabtu (17/8/19). (F: Barakata.id/Puspen Kemendagri)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 1.783 gapura dari seluruh Indonesia akan bersaing dalam Festival Gapura Cinta Negeri. Festival yang ditaja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini memperebutkan hadiah dengan total Rp1 miliar.

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo dalam keterangan pers menyebutkan, data 1.783 gapura itu diambil hingga batas waktu pendaftaran pada Sabtu (17/08/19) pukul 23.59 WIB.

Baca Juga : HUT Ke-74 RI, Pemko Batam Gelar Lomba Gapura Hias

Ke-1.783 Gapura tersebut terdiri dari dua kategori dengan rincian,1.450 gapura untuk kategori umum dan 333 kategori lembaga.

Selanjutnya, 1.783 gapura tersebut akan dilakukan penilaian oleh 80 orang kurator. Para kurator akan mengakurasi setiap foto maupun dokumentasi yang diunggah ke halaman website www.gapuracintanegeri.com.

Kemudian, kurator akan memilih 50 gapura untuk kategori umum dan 10 finalis kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi. Selanjutnya, ke-60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri.

Kriteria penilaian gapura pemenang meliputi, relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.

Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp1 miliar, dengan rincian:

Pertama, 10 piala dan piagam untuk 10 pemenang gapura kategori umum dan hadiah uang senilai Rp50 juta per pemenang.

Baca Juga : HUT Ke-74 RI, Kapolda Cerita Sejarah Merah Putih di Kepri

Kedua, 1 piala bergilir Presiden Republik Indonesia dan piagam untuk gapura terbaik kategori umum dengan hadiah uang senilai Rp250 juta per pemenang.

Ketiga, 3 piala dan piagam untuk 3 pemenang gapura kategori lembaga dan hadiah uang senilai Rp50 juta per pemenang.

Keempat, 1 piala dan piagam untuk gapura favorit dengan hadiah uang senilai Rp100 juta.

Gapura hias di Batam

Lomba gapura hias sempena HUT Ke-74 RI juga digelar Pemerintah Kota Batam juga akan menggelar lomba gapura hias. Seluruh elemen masyarakat diajak berpartipasi untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan dengan menghias lingkungan perumahan masing-masing..

“Pemko Batam mengadakan lomba pembuatan gapura dengan corak penampilan semarak merdeka,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam, baru-baru ini.

Rudi juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih, pemasangan umbul-umbul, menghias gapura dan pengecatan bangunan jika diperlukan. Semua itu untuk menunjukkan kegembiraan masyarakat atas perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini